8 Bahan Alami Untuk Meremajakan Tangan Yang Patut Anda Coba

bahan alami untuk meremajakan kulit tangan

Jangan biarkan keriput dan bintik hitam pada tangan menunjukan penuaan yang terjadi pada diri anda ! Tapi itu akan terjadi bila anda tidak merawatnya dengan baik. Seperti halnya wajah, tangan juga akan menunjukan beberapa tanda-tanda penuaan, seperti keriput, kering,dan muncul bintik-bintik hitam. Karena itu perawatan tangan secara teratur sangat diperlukan. Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami berikut ini :

  1. Semangka

Semangka memiliki sifat menyegarkan dan meng-hidrasi kulit manusia, sehingga tanda- tanda penuaan bisa diperlambat.

Caranya sangatlah mudah, potong semangka menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan pada punggung tangan anda. Biarkan 5 -7 menit, lalu  bilaslah dengan air hangat. Ulangi perawatan tersebut 2x seminggu untuk menghambat munculnya keriput dan bintik hitam pada tangan.

  1. Yoghurt

Selain bagus untuk diminum, Yoghurt banyak mengandung asam laktat yang dapat mencerahkan kulit. Selain itu juga dapat melawan munculnya keriput dan garis-garis halus, serta melawan radikal bebas.

Caranya sangatlah mudah, siapkan 1 sendok makan yoghurt, tambahkan 2 sendok makan oatmeal dan 1 sendok teh air jeruk nipis. Aduk hingga terbentuk pasta halus. Oleskan pasta itu pada punggung tangan disertai dengan pemijatan ringan selama +- 30 menit. Bilaslah dengan air hangat, setelah itu oleskan pelembab. Ulangi perawatan ini secara rutin setiap hari.

  1. Yoghurt + Tepung Gram

Sebagai alternative, anda bisa mengkombinasikan campuran yoghurt dengan tepung gram, campuran kedua bahan ini cukup efektif untuk melawan penuaan dan juga mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Kalua kalian belum tau apa itu tepung gram, tepung gram / chickpea merupakan tepung yang berasal dari daerah india yang dibuat dari bahan kacang-kacangan.

Caranya sangat mudah yaitu, campurkan 2 sendok makan yoghurt dengan 1 sendok makan tepung gram hingga terbentuk pasta. Setelah itu anda bisa menggosokan pasta pada punggung tangan. Biarkan selama +- 20 menit agar mongering secara alami.

Bilas dengan menggunakan air hangat kemudian oleskan dengan pelembab. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini 2 – 3 kali seminggu.

  1. Susu cair

Rendam tangan ke dalam susu cair secukupnya selama +-10 menit. Hal ini akan menjaga kulit tetap lembab, sekaligus mampu menghambat munculnya keriput sebagai tanda penuaan. Untuk hasil optimal, lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

  1. Oat meal + Kuning telur

Campuran dari bahan alami berupa oatmeal, kuning telur, madu murni dan minyak zaitun sangat baik  digunakan untuk merawat tangan agar tetap halus. Oatmeal sebagai scrub mampu mengangkat sel-sel kulit kering dan mati.

Kuning telur melembutkan kulit kita. Madu menutrisi, sedang minyak zaitun merangsang produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Karena itulah kombinasi tersebut dapat menyingkirkan keriput.

Caranya sangat mudah, campurkan 1 kuning telur, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan zaitun, dan 1 -2 sendok makan oatmeal. Campur hingga membentuk pasta yang halus.

Oleskanlah pada punggung tangan selama 5 – 7 menit disertai dengan peminjatan lembut di area yang sama. Setelah itu bilaslah dengan air hangat kemudian dilanjutkan dengan air dingin. Keringkanlah, kemudian oleskan pelembab. Lakukan perawatan tersebut 2 – 3 kali seminggu untuk mencapai hasil yang sempurna.

  1. Mentimun

Mentimun memiliki sifat mengencangkan dan juga menenangkan kulit. Karena itu, mentimun sangat baik digunakan untuk merawat tangan.

Anda tinggal mengoleskan mentimun yang sudah diiris tipis – tipis pada punggung tangan. Atau anda juga bisa menjadikannya jus mentimun terlebih dahulu, setelah itu baru oleskan pada punggung tangan. Biarkan selama -+ 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Lidah buaya

Kandunagn asam malat pada lidah buaya dapat mengurangi keriput dan mengembalikan elastisitas kulit. Caranya, ambil gel lidah buaya, kemudian hancurkan. Oleskan pada punggung tangan disertai dengan pijtan ringan dan gerakan memutar. Biarkan 15 – 30 menit, setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air hangat.

  1. Nasi

Munculnya bintik – bintik di punggung tangan juga merupakan salah satu dari tanda- tanda penuaan. Untuk menguranginya, gunakan scrub dari campuran nasi, agave nectar (sirup yang dibuat dari cairan dalam tanaman agave biru), dan lemon.

Caranya, campur ¼ cangkir nasi, ½ sendok makan sirup agave, dan ½ sendok makan air lemon. Masukkan kedalam blender, kemudian haluskan hinga menjadi pasta.

Oleskan pasta itu pada bagian punggung tangan dengan gerakan melingkar dan pemijatan ringan. Lakukanlah selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat, setelah itu oleskan dengan pelembab.

PERHATIKAN !

Selain merawat menggunakan bahan alami, jangan lupa memperhatikan beberapa hal berikut untuk menjaga kehalusan dan kelembutan tangan.

  1. Selalu kenakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan rumah tangga. Sarung tangan dari bahan katun juga baik untuk menjaga kehangatan dan kelembapan kulit di malam hari.
  2. Lindungi tangan saat melakuakn aktifitas outdoor. Misalnya, megoleskan tabir surya, body lotion sebelum melakukan aktifitas di luar ruangan dan mengenakan sarung tangan.
  3. Jangan merokok, Selain berbahaya bagi kesehatan tubuh, rokok juga bisa merusak kolagen dan mempercepat munculnya tanda penuaan di tubuh kita.
  4. Rutin melakukan olahraga akan memperbaiki sirkulasi darah di tangan, sehingga menghambat keriput.
  5. Minum banyak air putih, ini penting untuk menjaga kulit tetap lembab.
  6. Hindari minuman ber-alkohol dan ber-karbonasi, gantilah dengan banyak minum air putih.
  7. Banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin c dan asam lemak omega 3.

Tags: