Cara Mudah Membuat Bootable Linux Dengan USB Flashdisk

cara membuat bootable linux dengan flashdisk

OS berbasis Linux saat ini telah berkembang sangat pesat. Cara menginstall OS linux juga sangatlah mudah. Salah satu caranya adalah dengan membuat bootable linux via usb flashdisk. Cara ini bisa diterapkan hampir di semua distro linux seperti Ubuntu, Debian, Zorin OS, Elementary OS, Linux Mint, Dll. Melalui bootable usb linux ini, kalian juga bisa mencoba terlebih dahulu linux tersebut sebelum memutuskan untuk menginstallnya ke PC/ laptop kalian.

Dengan menginstall linux melalui bootable usb linux akan sangat membantu terutama untuk kalian yang tidak memiliki CD-ROM. Kalian cukup menyiapkan satu buah flashdisk (rekomendasi : minimal 4GB) dan juga file iso dari distro linux yang akan kalian install. Dan software yang digunakan sebenarnya ada beberapa yaitu Rufus, UNetbootin dan Yumi.

Cara Mudah Membuat Bootable Linux Dengan USB Flashdisk

Dalam tutorial ini saya akan mencontohkan cara membuat bootable linux Elementary OS 5.0 Juno dengan menggunakan flashdisk ADATA 4GB dan software Yumi. Persiapannya adalah sebagai berikut :

Persiapan membuat bootable linux dengan USB Flashdisk

1. File ISO Linux : Setelah kalian menentukan akan menginstall distro linux yang mana, silahkan kalian download file ISO nya dan simpan di hardisk kalian. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saya menggunakan distro linux Elementary OS. Berikut ini saya berikan beberapa link download dari distro linux yang cukup populer di Indonesia.

Daftar link download berbagai distro linux

  1. Elementary OS
  2. Ubuntu
  3. Kubuntu
  4. Linux Mint
  5. Zorin OS
  6. Arch Linux
  7. Kali Linux
  8. CentOS

Untuk link download distro linux lainnya kalian bisa langsung search aja di google.

2. USB Flashdisk : Sebenarnya ukuran flashdisk yang digunakan bisa berbeda-beda tergantung distro linux yang akan kalian install. Karena pada dasarnya ukuran file ISO dari tiap distro linux juga berbeda-beda. Saya sarankan kalian menggunakan flashdisk minimal berukuran 2GB. Pada tutorial ini saya sendiri menggunakan flashdisk berukuran 4GB karena saya akan membuat bootable linux Elemntary OS yang file ISO nya sendiri berukuran sekitar 1,48 GB.

3. Software : nama software yang saya gunakan adalah YUMI – Multiboot USB Creator. YUMI sendiri adalah merupakan singkatan dari Your Universal Multiboot Integrator. Software ini mendukung banyak distro linux dalam pembuatan bootable USB Flashdisk. Kalian bisa mendownloadnya melalui di sini.

Langkah -langkah  membuat bootable linux USB flashdisk dengan menggunakan software YUMI

Setelah semua persiapan sudah selesai, silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk membuat bootable linux flashdisk. Jangan khawatir, caranya cukup mudah dan tidak memakan waktu yang terlalu lama.

1. Buka Sofware YUMI yang sudah kalian download tadi. Apabila sudah terbuka, kalian akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Dan silahkan kalian langsung klik saja tombol I agree.

cara membuat bootable linux dengan usb flashdisk
gambar : tampilan awal software yumi

2. Setelah kalian meng-klik tombol I agree, kalian akan melihat tampilan halaman utama dari software YUMI seperti di bawah ini.

halaman utama software YUMI untuk membuat bootable linux usb flashdisk
gambar 2 : Tampilan halaman utama software YUMI

3. Selanjutnya silahkan kalian pilih flashdisk yang akan kalian gunakan melalui kolom pilihan yang sudah disediakan.

pilih flashdisk yang akan digunakan untuk membuat bootable linux via usb flashdisk
gambar 3 : Menentukan USB Flashdisk yang akan digunakan

4. Pada langkah selanjutnya silahkan kalian memilih distro linux melalui menu dropdown yang sudah di sediakan. pada contoh ini saya memilih elementary OS, silahkan kalian sesuaikan dengan pilihan kalian masing- masing.

memilih distro linux yang akan dijadikan bootable usb
gambar 4 : memilih distro linux yang akan dijadikan bootable usb

5. Silahkan kalian klik tombol “browse”, cari folder tempat kalian menyimpan file ISO linux kalian dan silahkan pilih file ISO linux yang akan kalian gunakan tersebut.

memilih file ISO linux yang akan dijadikan bootable USB
Gambar 5 : memilih file ISO linux yang akan dijadikan bootable USB

6. Setelah itu silahkan klik tombol create untuk memulai proses pembuatan bootable linux-nya. dan apabila muncul peringatan seperti gambar di bawah ini, silahkan kalian klik tombol “yes”.

cara membuat bootable linux vias flashdisk - memulai proses
gambar 6 : klik tombol yes untuk memulai proses

7. Silahkan kalian tunggu proses pembuatan bootable usb hingga selesai. Untuk lamanya proses berbeda-beda tergantung dengan disto linux apa yang kalian install karena tiap distro tentu saja mempunyai perbedaannya masing-masing. Untuk prosesnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

proses pembuatan bootable linux elementary os via usb flashdisk dengan yumi
gambar 7 : proses pembuatan bootable linux elementary os via usb flashdisk dengan yumi

8. Apabila prosesnya sudah selesai, maka prosesnya akan sama seperti gambar di bawah ini. silahkan kalian teklan tombol next. Setelah itu silahkan kalian tutup software YUMI nya dan SELAMAT, usb flashdisk kalian sekarang sudah bisa digunakan untuk menginstall linux.

pembuatan bootable linux via usb flashdisk selesai
gambar 8 : proses pembuatan bootable linux via usb flashdisk selesai
pembuatan bootable linux via usb flashdisk selesai 2
gambar 9 : proses pembuatan bootable linux via usb flashdisk selesai 2

Itulah tadi tutorial singkat tentang cara membuat bootable linux dengan usb flashdisk menggunakan software YUMI. Sampai saat ini pun saya masih menggunakan YUMI untuk membuat bootable linux, ntah itu untuk menginstallnya beneran atau hanya sekedar mencoba saja. Karena menurut saya software ini cukup mudah digunakan, selalu diupdate dan mendukung banyak distro linux. Pada artikel berikutnya mungkin saya akan share cara pembuatan bootable linux dengan usb flashdisk tapi dengan menggunakan software yang lain. Ok, segitu aja, Semoga apa yang saya sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk kalian semua.