cara mudah menghapus virus shortcut pada laptop atau pc windows
cara mudah menghapus virus shortcut pada laptop atau pc windows

3 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada Laptop Dengan Mudah

Posted on

Cara menghilangkan virus shortcut pada laptop – Gadget seperti smartphone dan laptop hampir tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari di jaman sekarang ini. Laptop merupakan device yang penting untuk menyelesaikan pekerjaan atau bahkan hanya sekedar surfing di dunia maya. Harga laptop pun sudah bervariasi, dengan budget yang minim seseorang kini bisa memiliki laptop.

Untuk kamu para gamers, saat ini sudah ada banyak laptop game yang beredar di pasaran. Untuk para mahasiswa, laptop bisa digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas, streaming film atau sekedar browsing mencari update informasi terbaru.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Ada banyak file yang bisa diunduh ke laptop kita dengan adanya koneksi internet. File seperti gambar, film, program atau software bisa dengan mudah kita unduh dan install di laptop kita. Tapi taukah kamu bahwa dibalik kemudahan yang bisa kita akses, Virus bisa menjangkiti laptop kita ketika proses download aneka file tersebut.

Ada bermacam-macam virus yang cukup populer, bukan populer karena manfaatnya melainkan lebih dikarenakan sifatnya yang mengacaukan laptop kita. Contoh virus yang sudah cukup dikenal di Indonesia adalah Trojan, Worms, FAT dan Shortcut. Apabila sudah sampai ke tahapan yang lebih parah, virus / malware mampu merusak laptop milik kita.

Pada artikel kali ini kita akan lebih fokus ke virus yang bernama shortcut. Virus ini sangatlah menyebalkan karena sangat mudah menular melalui USB Fash Disk milik kita. Virus ini akan menginfeksi satu atau lebih direktori yang ada pada storage device laptop kita setelah itu dia akan menggandakan dirinya.

Memang virus ini tidaklah terlalu berbahaya karena tidak akan membuat file kita corrupt. Tapi tetap saja virus ini mejengkelkan karena akan membuat peforma laptop kita menjadi menurun.

Berikut ini kami akan membagikan kepada kalian beberapa cara mudah yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi virus shortcut yang menyerang laptop kalian.

1. Lakukan proses unhide files

proses unhode file untuk menampilkan file yang disembunykan oleh virus
proses unhode file untuk menampilkan file yang disembunykan oleh virus

Step pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi virus shortcut adalah dengan melakukan unhide files pada OS Windowsmu. Untuk lebih detailnya silahkan ikuti urutan langkahnya :

  1. Buka Control Panel
  2. Pilih folder options
  3. Masuk ke dalam tab view
  4. Siahkan kamu pilih “Show hidden files, folders and drives”.

Fungsi dari keempat langkah diatas adalah untuk menampilkan file yang tersembunyi / ter-hidden akibat dari ulah virus tadi.

2. Melakukan proses remove attribute

proses remove attribute pada storage device menggunakan CMD
proses remove attribute pada storage device menggunakan CMD

Step kedua adalah dengan melakukan proses remove attribute pada storage device laptop kita. Untuk lebih detailnya silahkan ikuti urutan langkahnya dibawah ini :

  1. Buka Command Prompt melalui Start Menu Windows.
  2. Setelah itu silahkan ketikan drive letter yang bermasaah. Misal apabila drive D yang bermasalah, kamu cukup mengetikkan D: setelah itu tekan tombol Enter.
  3. Apabila kamu sudah berada dalam drive yang bermasalah tersebut ( D: ) maka langkah selanjutnya adlaah dengan melakukan remove attribute dengan mengetikkan

    Attrib –s –h –r /s /d

  4. Tekan tombol Enter

3. Hapus virus shotcut dari media penyimpanan (HDD atau SSD) di Laptop

membersihkan file yang terkena virus shortcut dengan bantuan antivirus
membersihkan file yang terkena virus shortcut dengan bantuan antivirus

Step terakhir yang harus kamu lakukan adalah menghapus virus shortcut itu sendiri dari laptopmu. Ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu penghapusan otomatis dengan bantuan antivirus atau kamu bisa juga memilih untuk menggunakan cara manual.

Dengan antivirus, kamu cukup melakukan scanning maka virus akan otomatis terdeteksi dan bisa kamu hapus. Sedangkan untuk cara manual, kamu bisa menghapus file-file yang terkena virus shortcut. Ciri-ciri dari file yang terjangkit virus tersebut adalah biasanya ber-ekstensi ‘ink‘.

Oke cukup segitu dulu ya atikel tentang cara mudah menghapus virus shortcut pada laptop / pc. Apabila menurut kamu artikel ini bermanfaat, bantu kami ya untuk membagikannya… thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *