Cara Mudah Transfer File Antar PC dengan WiFi

Cara transfer file antar PC dengan WiFi

Hi sobat, kali ini saya akan share sedikit trik tentang bagaimana cara mentransfer file antar PC / Laptop tanpa menggunakan kabel / flashdisk / HDD eksternal. Trik ini memanfaatkan fitur bawaan yang saat ini sudah ada di kebanyakan device PC maupun laptop yaitu WiFi.

Transfer File Antar PC dengan WiFi

Contoh kasus yang saya alami : 
Jadi saya mendownload game The Sims 4 di laptop saya. Setelah download kelar, ternyata file iso game The Sims 4  yang saya download itu berukuran sangat besar yaitu 36 GB. Permasalahan muncul ketika saya mengecek kapasitas SSD laptop saya yang sudah menipis, untuk melakukan mount file iso tersebut saja tidak cukup.
Mau download ulang menggunakan PC rasanya males banget, karena seinget saya hampir 20 jam baru selesai proses download game tadi. Selain itu saya juga tidak punya Flashdisk / HDD eksternal dengan kapasitas yang besar.
Jadilah saya searching cara alternatif yang bisa saya gunakan dan tidak terlalu ribet, Akhirnya saya menemukan tutorial cara memindah file antar PC tanpa menggunakan kabel yaitu dengan menggunakan WiFi bawaan Laptop.

Persiapan Transfer File Antar PC dengan WiFi

Sebelum melakukan transfer file, tentu saja ada beberapa hal yang harus kita persiapkan terlebih dahulu, yaitu :
1. Laptop / PC yang sudah connect pada jaringan wifi yang sama.
Untuk Laptop sudah terdapat perangkat wifi bawaan. Dan untuk PC saya menggunakan perangkat wifi merk TP-LINK dengan seri TL-WN881ND. Sedangkan jaringan internet saya menggunakan layanan dari Indihome.
2. IP address dari PC atau Laptop yang digunakan.
Untuk mengetahui berapa IP address pada laptop / PC dengan OS Windows,kalian bisa menggunakan cara berikut ini: Cara Mengetahui IP address Pada Komputer Windows.

Langkah – Langkah Transfer File Antar PC Dengan Wifi

Pada tutorial ini saya menggunakan laptop ASUS X455L sebagai sumber file dan PC Desktop sebagai tujuan. Keduanya sama-sama terinstal OS Windows 10 Professional. Untuk kalian yang menggunakan sistem operasi Windows lain seperti Windows 7 / Windows 8 bisa menyesuaikan. Secara garis besar caranya sama saja.

Langkah 1

Pastikan kedua device sudah terkoneksi pada 1 jaringan wifi yang sama terlebih dahulu.

Langkah 2

Pada PC sumber file silahkan kalian buka pengaturan Advanced sharing settings. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Cara 1: Klik kanan icon wifi pada windows bar kalian yanbiasanya terdapat pada bagian pojok kiri bawah layar. Klik Open Networks & Internet Settings. Setelah itu akan muncul jendela setting, silahkan kalian scroll kebawah dan klik Network and Sharing Center. Setelah itu akan muncul jendela baru, silahkan kalian klik pada menu Change Advanced Sharing Setting.
  • Cara 2 : Manfaatkan fitur search bawaan pada windows. Caranya adalah dengan menekan tombol windows lalu ketik advanced sharing setting.

Langkah 3
Pada jendela Advanced sharing settings silahkan lakukan hal berikut.
  1. Klik opsi turn on sharing to anyone
  2. Klik turn off password protected sharing
  3. Klik Save Changes
Langkah 4
Klik kanan pada file / folder yang ingin di sharing. Pilih Properties. Pada jendela Properties silahkan kalian klik tab sharing lalu klik Share….
Langkah 5
Akan muncul jendela file sharing. Pada menu Choose people to share with, silahkan kalian pilih everyone lalu klik tombol Add. Pada permission level, silahkan kalian ubah menjadi Read/Write.
Setelah itu akan muncul jendela baru, silahkan kalian klik Done.
Langkah 6
Pada PC tujuan, silahkan kalian buka windows explorer lalu ketikkan alamat IP Address dari PC Sumber. Formatnya adalah \ip_address.  Misalnya \192.168.1.3.
Langkah 7
Akan muncul folder yang sudah di share oleh PC sumber, silahkan kalian copy paste file/ folder tersebut pada direktori yang sudah kalian pilih. Setelah itu silahkan kalian tunggu hingga proses transfer file selesai. 
Note : Kecepatan transfer berbeda-beda tergantung dari spesifikasi hardware masing-masing.
Dengan metode ini, kalian juga bisa lho melakukan transfer file ke lebih dari 1 komputer. Tentu saja cara ini akan lebih cepat dan efisien dibandingkan harus memindah secara manual menggunakan flashdisk.
Oke, itulah tadi sedikit tutorial dari saya tentang Cara transfer file antar komputer dengan menggunakan WiFi. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya, Terimakasih
Baca Juga  Tutorial Install Imacros 8.9.7 Di Palemoon Browser

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *