Cara Riset Domain Deleted Atau Expired Dengan Biaya Yang Minim

cara mudah riset domain deleted dengan moz

Assalamualaikum, Kali ini saya akan share tentang cara riset domain dengan biaya yang minim. Cara ini bisa kalian jadikan alternatif ketika ingin mencari domain expired (deleted) atau aged yang berkualitas untuk keperluan nge-blog, entah itu nyepam ataupun manual. Mungkin bisa juga untuk keperluan backlink / jual domain. Oke, silahkan disimak ya.

Apa Itu Riset Domain

Simplenya, riset domain itu kegiatan untuk mencari domain sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Domain yang dimaksud disini adalah domain deletd / expired / aged, yaitu domain bekas pakai milik orang lain yang sudah tidak diperpanjang lagi oleh pemiliknya. Diharapkan dari domain tersebut ada beebrapa hal yang bisa dimanfaatkan seperti umur domain, backlink yang dimiliki, dll. Entah itu mitos / fakta , domain yang sudah berumur dan memiliki backlink / metric tertentu lebih disukai oleh search engine semacam google.

Saya sendiri sudah punya pengalaman dalam menggunakan domain expired untuk ngeblog. Pernah untuk blog manual maupun nyepam, saya merasakan sendiri manfaat dari menggunakan domain expired. Salah satunya adalah indexing yang lebih cepat dan peringkat yang lebih bagus di search engine untuk keyword yang ditarget.

Namun cara ini tidak 100% berhasil, tidak semua domain expired hasil riset domain saya bisa berhasil. Ada juga beberapa yang performanya kurang baik. Dan kembali lagi ke tujuan ngeblog kalian, kalau untuk manual / membentuk “brand” saya menyarankan untuk menggunakan domain fresh saja, karena kalian bisa menentukan nama domain sesuai keinginan.

Tujuan Riset Domain

Kalau untuk saya pribadi, tujuan riset domain yang saya lakukan adalah untuk menemukan domain expired yang sesuai dengan spesifikasi yang saya inginkan. Domain tersebut biasanya harus memenuhi beberapa standart seperti :

  1. Masih terindex oleh search engine, google terutama.
  2. Backlink kontekstual ( di dalam artikel ) dari domain yang memiliki DA PA Tinggi
  3. Berumur minimal 2 tahun
  4. DA PA 10 Keatas
  5. Bukan Domain Bekas Spam

Namun standar tersebut tidak baku, kadang saya menurunkan atau bahkan menaikkan standar tersebut. Jadi silahkan kalian sesuaikan dengan kriteria dan kebutuhan masing-masing aja ya.

Persiapan Riset Domain

Untuk melakukan riset domain sebenarnya ada banyak cara serta tools yang bisa dipakai. Dari yang gratis hingga harganya jutaan. Biasanya tools wajib yang biasa digunakan adalah Ahrefs dan MOZ. karena judul artikel ini adalah cara riset domain dengan biaya yang minim, saya akan menggunakan MOZ pro. Oke apa saja yang harus kalian persiapkan, akan kita bahas satu persatu.

1. Akun Expireddomains.net

Website expireddomains.net merupakan situs yang menyediakan jutaan list expired / aged domain berbagai macam extension secara gratis dan selalu update. Untuk yang belum memiliki akunnya, silahkan daftar terlebih dahulu ya.

2. SEOquake

SEOquake adalah addon/extension chrome / mozilla firefox untuk mengecek beberapa parameter pada sebuah domain. Namun fungsi utama yang akan kita gunakan adalah untuk mengecek jumlah index banyak domain secara bulk / sekaligus. Silahkan install terlebih dulu addon ini dibrowser kalian.

3. MOZ Pro

Sama seperti Ahrefs, Moz jua merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai layanan untuk kebutuhan SEO seperti backlink monitor, riset keyword, dll. Di tutorial kali ini kita akan menggunakan MOZ untuk mengecek DA PA serta backlink dari domain yang akan kita riset. Untuk mendapatkan akun MOZ Pro, kalian bisa membeli saja di p-store.net. Menurut saya harganya sangat terjangkau , dengan harga $1 saja kalian bisa mendapatkan hingga 5 akun moz pro selama 30 hari. Bandingkan dengan harga untuk membeli akun Ahrefs yaitu sekitar $15 untuk 1 akun saja.

Sebenarnya saya ada juga cara membuat akun Moz Pro gratis tanpa perlu keluar uang sepeserpun, Kapan-kapan kalau ada kesempatan akan saya share juga deh. Silahkan sering-sering aja kunjungi website sarjanamalas.com atau channel youtube sarjanamalas.

4. Tools Domain Authority Cheker

Tools buatan inabots ini berfungsi untuk mengecek authority banyak domain sekaligus. Parameter yang digunakan adalah DA PA milik MOZ. Kalian bisa mendapatkannya secara gratis dengan mengunjungi channel youtube resmi inabots disini.

Untuk bisa menggunakan tools ini kita membutuhkan Access Id dan Secret Key dari MOZ. bagaimana cara mendapatkannya, silahkan baca artikel ini : Cara Mendapatkan Access ID dan Secret Key MOZ.

5. Penyedia Domain

Kalian harus memiliki akun di website penyedia domain. Berikut ini adalah beberapa website penyedia domain yang sudah pernah saya coba

  1. namecheap.com
  2. dynadot.com
  3. porkbun.com
  4. godaddy.com
  5. domainesia.com (lokal)

Untuk pembayaran domain di penyedia domain luar, kalian bisa menggunakan paypal maupun kartu kredit seperti jenius. Untuk kalian yang tertarik bisa membaca artikel berikut ini : cara verifikasi paypal dengan menggunakan jenius. Dan untuk penyedia domain lokal seperti domainesia, kalian bisa membayarnya dengan melakukan transfer bank seperti biasa.

Step By Step Cara Riset Domain

1. Mengumpulkan list domain dari expireddomains.net

Pada tahap pertama ini kita akan mengumpulkan list deleted domain terlebih dahulu dari situs expireddomains[dot]net. Ada banyak pilihan extension domain yang bisa kalian pilih, mulai domain yang sudah umum seperti seperti : COM, NET,ORG. Atau bahkan domain-domain yang kurang familiar seperti TEL, PRO, ASIA, TRAVEL, dll.

  1. Login ke akun expireddomains.net
  2. Pilih Extension Domain yang kalian inginkan , sebagai contoh saya akan memilih extension COM
mencari deleted domain di expireddomains.net
PIlih ekstensi domain di Halaman Home Expireddomains.net
  1. Lakukan FILTER untuk mendapatkan list domain yang lebih spesifik, Caranya silahkan kalian click tombol Show Filter
mencari domain expired di expireddomains.net
Tekan tombol show filter untuk melakukan filter domain lebih spesifik
  1. Silahkan kalian lakukan filter sesuai kriteria yang kalian inginkan, kalau saya biasanya melakukan filter seperti contoh pada gambar di bawah ini. Setelah itu silahkan kalian klik tombol Apply Filter
Cara Filter domain deleted dan expired
Filtering Domain Deleted / Expired
  1. Terakhir, silahkan kalian simpan hasil filtering tadi. Terdapat beberapa pilihan cara menyimpan domain yang sudah di filter tadi seperti :
  • CSV Export : List domain akan disimpan dan di export dalam bentuk file CSV
  • Download Domain Names as Textfile : List domain akan disimpan dan export dalam bentuk file txt (Notepad)
  • Save Search : Menyimpan domain hasil filter di akun expireddomains.net tanpa melakukan export
  • Copy Domain into your clipboard : Meng-copy domain dan selanjutnya bisa di pastekan kemanapun seperti notepad atau langsung ke tools.

Kalau saya sendiri lebih sering menggunakan opsi keempat yaitu copy domain ke clipboard yang selanjutnya saya pastekan ke addon domain SEOQuake untuk pengecekan junmlah index secara masal.

Save hasil filtering deleted / expired domain
Save hasil filtering deleted / expired domain

2. Melakukan Pengecekan Jumlah Index Google

Langkah kedua yang biasa saya lakukan adalah melakukan pengecekan jumlah index google pada domain yang sudah kita filter pada langkah sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan domain yang masih ada index googlenya. Kenapa harus ada indexnya ? alasannya adalah untuk menghindari domain yang sudah deindex.

Walaupun entah mitos atau bukan, ada juga yang bilang tidak masalah untuk memilih domain yang sudah tidak ada index di search engine, toh juga akan di build web baru lagi. Namun sekali lagi ini adalah cara yang bisa saya lakukan ya. hehe.

Untuk mengecek index google secara manual kalian bisa dilakukan dengan cara mengetik secara manual di kolom pencarian google

site:namadomain.com misal =>site:sarjanamalas.com

Cara Cek Jumlah Index Website Di Google

Namun, karena jumlah domain yang harus kita check ada banyak, pasti capek kalau harus mengecek satu per satu. Disini kita akan menggunakan bantuan dari Addon Google Chrome bernama SEOquake.

Info : Pada Tahap ini saya akan memprioritaskan domain dengan jumlah index minimal 1 dan kurang dari 100
  1. Install Addon SEOquake ke browser Google Chrome kalian. Silahkan klik di sini
  2. Klik Addon lalu pilih COMPARE URLS
mengecek jumlah index di google dengan menggunakan SEOquake
Mengecek jumlah index di google dengan menggunakan SEOquake
  1. Masukkan List Domain Ke dalam Kolom, lalu klik Process urls
Bulk Index Cheker dengan SEOquake
Bulk Index Cheker dengan SEOquake
  1. Tekan icon reload di sebelah Tab Google Index untuk memulai pengecekan index.
Cara check jumlah index google banyak domain sekaligus.jpg
Cara check jumlah index google banyak domain sekaligus
  1. Simpan hasil pencarian dengan cara menkan tombol Save as CSV
  2. Buka File CSV yang sudah didownload tadi lalu sortir, pilih domain yang masih ada indexnya saja. Contohnya seperti gambar dibawah ini :
Hasil Filter domain yang masih ada indexnya menggunakan MS EXCEL
Hasil Filter domain yang masih ada indexnya menggunakan MS EXCEL

Note : Ketika nanti kalian menemukan error, berarti IP kalian sudah terdeteksi sebagai bot oleh google. Untuk mengatasinya, silahkan ikuti langkah di bawah ini :

  1. Buka New Tab di google Chrome.
  2. Searching dengan keyword apapun dikolom pencarian google.
  3. Selesaikan Captcha yang muncul
  4. Tekan kembali tombol reload din sebelah tab google index pada SEOquake

3. Melakukan Pengecekan DA PA ( Domain Authority )

Selanjutnya, untuk langkah ketiga bisanya saya melakukan pengecekan domain authority. Parameter yang digunakan adalah DA dan PA dari MOZ. Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk mengecek Domain Authority maupun Page Authority. Namun untuk saat ini saya menggunakan tools buatan inabots (Suhu Faisal Habibie) yang bernama Domain Authority Cheker. Silahkan install terlebih dahulu ya, silahkan scroll ke atas untuk menemukan link downloadnya.

Untuk penggunaan secara lengkap dari tools ini pun saudah ada di channel youtube inabots. Namun akan saya tulis beberapa poin penting saja, silahkan simak di bawah ini :

  1. Buka / jalankan tools Domain Authority Cheker
  2. Pastikan kalians udah mengisi MOZSCAPE API KEY nya, tutorial mendapatkannya kalian bisa lihat disini
  3. Masukkan list domain yang sudah kita filter index di langkah sebelumnya.
  4. Tekan tombol Run
  5. Hasil akan terlihat di tabel pada bagian bawah tools
Cara Menggunakan Domain Authority Cheker

Langkah selanjutnya adalah mengecek bakclink. Saya bisanya mengurutkan dari domain yang DA nya lebih tinggi terlebih dahulu. Langkah lebih detailnya seperti ini :

  1. Login ke akun MOZ pro kalian.
  2. Buka menu link Explorer, atau klik disini
  3. masukkan nama domain
  4. klik Analyze
  5. detail backlink domain tersebut akan tampil dan bisa kalian jadikan bahan pertimbangan apakah akan lanjut kalian beli atau tidak.
cara cek kualitas backlink domain dengan MOZ
cara cek kualitas backlink domain dengan MOZ

Silahkan kalian amati backlink dari domain tersebut. Kriteria backlink yang bagus menurut saya biasanya adalah

  1. Berupa backlink kontekstual ( Berada di dalam artikel ) yang masih aktif, kalian bisa mengeceknya dengan membuka url backlink tersebut -> lalu tekan ctrl+U -> lalu ctrl F , cari domain tersebut ada di halaman website tersebut atau tidak.
  2. Backlink berasal dari domain yang memilik DA tinggi
  3. Backlink berjenis dofollow
  4. Diusahakan Bukan backlink dari situs-situs seperti forum, blog yang ga jelas, blog porn dll.

5. Membeli Domain

Tahap terakhir adalah membeli domain yang sudah selesai di riset. Kalian bebas mau membeli dimana saja ntah itu provider lokal maupun luar. Untuk rekomendasi sendiri sudah saya tulis di awal-awal artikel. Silahkan kalian scroll ke atas ya, hehe.

Oke sekian tutorial dari saya tentang cara mudah riset domain deleted maupun expired dengan biaya minim. Semoga bermanfaat ya. Next time saya akan coba untuk share cara riset domain dengan tools lain seperti AHREFS.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *