Contoh surat lamaran kerja beserta tips agar mudah diterima

Contoh surat lamaran kerja beserta tips agar mudah diterima is free HD wallpaper. This wallpaper was upload at May 07, 2019 upload by sarjanamalas in Lainnya.

contoh surat lamaran kerja dan tips agar diterima width="677" height="380" src="https://sarjanamalas.com/wp-content/uploads/2019/05/contoh-surat-lamaran-kerja-dan-tips-agar-diterima.jpg" class="attachment-full size-full wp-post-image" alt="contoh surat lamaran kerja dan tips agar diterima"/>

You can download Contoh surat lamaran kerja beserta tips agar mudah diterima in your computer by clicking resolution image in Download by size:. Don't forget to rate and comment if you interest with this wallpaper.

Surat lamaran pekerjaan merupakan surat resmi yang dibuat oleh seseorang yang berisi tentang maksud untuk melamar pekerjaan di suatu instansi/perusahaan tertentu baik itu milik pemerintah maupun swasta. Menurut Kaidah Bahasa Indonesia surat lamaran kerja termasuk kedalam surat resmi atau dinas sehingga dalam proses pembuatannya kita tidak boleh asal-asalan. Terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Surat lamaran pekerjaan

Fungsi surat lamaran pekerjaan adalah sebagai syarat utama/paling mendasar dari instansi/perusahaan yang ditujukan kepada calon pelamar kerja. Dan hamper semua perusahaan mewajibkan para calon pelamar untuk membuatnya. Surat lamaran kerja bisa dibuat berdasarkan iklan lowongan maupun inisiatif diri sendiri.

Contoh yang berdasarkan lowongan adalah bisa melalui media cetak seperti koran, selebaran, papan pengumuman,dll. Bisa juga melalui media online seperti lowongan pekerjaan dari berbagai situs online seperti jobstreet dan jooble.

Sedangakan untuk contoh berdasar inisiatif diri sendiri adalah ketika anda ingin mendaftar pekerjaan pada suatu perusahaan yang memang anda incar. Contoh kasus adalah ketika anda memasukkan surat lamaran kerja ke sebuah Bank padahal bank tersebut tidak sedang membutuhkan pegawai baru. Namun jika anda beruntung ketika tiba-tiba bank tersebut membutuhkan pegawai baru, anda sudah mendapat nilai plus terlebih dahulu / diprioritaskan.

Ciri – ciri dan sistematika surat lamaran pekerjaan

Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu bahwa dasar pembuatan surat lamaran kerja adalah untuk melamar kerja dari sebuah perusahaan. Sebaiknya anda harus memperhatikan beberapa ciri-ciri dari surat lamaran pekerjaan dan sistematika penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini :

Ciri – ciri surat lamaran kerja

  1. Tempat dan tanggal lahir
  2. Lampiran dan perihal
  3. Alamat Surat
  4. Salam Pembuka
  5. Paragraf/ Alinea pembuka
  6. Isi
  7. Penutup
  8. Tanda tangan dan dama terang

Sistematika surat lamaran pekerjaan

  1. Tempat dan tanggal lahir

Penempatan Tempat dan tanggal lahir adalah dibagian pojok kanan atas pada lembar surat dan tampa menggunakan tanda titik pada bagian akhir penulisan.

Contoh :

Magelang, 28 September 2018

  1. Lampiran dan perihal

Ada beberapa aturan penulisan yang harus anda perhatikan :

  1. Kata “Lampiran” dan “Perihal” ditulis dengan lemgkap, tidak boleh disingkat menjadi “Lamp” atau “Hal”
  2. Angka pada lampiran harus ditulis dengan menggunakan huruf

Contoh :

Lampiran : Tiga lembar

Perihal : Pemberitahuan

  1. Alamat Surat

Yang harus anda perhatikan adalah :

  1. Penulisan alamat disarankan tidak boleh lebih dari 3 baris
  2. Tidak menggunakan kata “Kepada”
  3. Tidak perlu menuliskan jenis kelamin seperti ibu / bapak pada jabatan
  4. Kata “Jalan” sebaiknya jangan disingkat menjadi “Jl.”
  5. Pada bagian akhir penulisan tiap barisnya, tidak perlu menggunakan tanda titik (.)

Contoh :

Yth. Manager Arqamedia

Jalan Susukan No.01, Grabag

Magelang

  1. Salam Pembuka

Yang harus anda perhatikan adalah :

  1. Menggunakan tanda koma setelah kata “Dengan Hormat”
  2. Penulisan kata dengan hormat dianjurkan untuk dijadikan satu dengan kalimat selanjutnya. Namun jika anda ingin berganti baris seperti biasa juga tetap boleh digunakan.

Contoh 1 :

Dengan Hormat, berdasarkan …………………….. (yang dianjurkan)

Contoh 2 :

Dengan Hormat,

Berdasarkan …………………………… (tetap boleh digunakan)

  1. Paragraf / alinea Pembuka

Tips : gunakanlah Bahasa dan baik dan sopan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dari pihak perusahaan. Bisa dibilang bahwa ini merupakan kata pengantar melamar kerja.

  1. Isi

Pada bagian isi terbagi menjadi 3, yaitu :

a. Identitas
Tuliskan identitas anda seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, Pendidikan terakhir dan lain-lain sesui dengan kebutuhan. Untuk penulisan pada tiap awalannya tidak perlu menggunakan huruf besar.

Contoh :

nama                                          : Arfa Hamizan

tempat tanggal lahir               : Magelang, 16 April 1995

pendidikan terakhir                 : S1 Teknik Informatika

alamat                                        : Perum Sejahtera 01, Magelang, Jateng 56115

b.Maksud dan Tujuan

Tuliskan alasan anda menulis surat lamaran kerja tersebut.

c.Menyatakan Lampiran

Terkadang perusahaan tempat anda melamar pekerjaan akan meminta anda untuk melampirkan beberapa persyaratan. Seperti surat pernyataan sehat dari dokter, ijazah, transkip nilai, dll. Silahkan anda tulis pada bagian ini.

Contoh :

Berikut ini beberapa lampiran sebagai pelengkap untuk sural lamaran ini :

1. Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir ;
2. Fotokopi transkip nilai yang sudah dilegalisir;
3. Foto ukuram 3×4 tiga lembar;
4. Fotokopi kTP;
5. Surat keterangan sehat dari dokter;

Anda bisa menambahkan lampiran yang lainnya seseuai dengan persyaratan yang diminta oleh pihak perusahaan.

  1. Penutup

Pada bagian penutup ini silahkan tunjukkan rasa antusias anda dalam melamar pekerjaan di perusahaan /  instansi tersebut.

Contoh :

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk depat bergabung dengan perusahaan …..

  1. Tanda tangan dan nama terang

Penulisannya adalah pada bagian pojok kanan bawah surat , kemudian dibawahnya ditulis nama lengkap.

Contoh ;

Hormat saya

(tanda tangan disini)

Arfa hamizan

Referensi dalam lamaran kerja

Referensi dalam lamaran kerja adalah – Pihak tertentu ( bisa merupakan individu/perusahaan ) yang dicantumkan di surat lamaran pekerjaan anda. Fungsinya adalah sebagai pihak yang mendukung anda agar lebih mudah memperoleh pekerjaan yang anda inginkan. Beberapa HRD biasanya akan sangat senang apabila para pelamar mencantumkan referensi di CV mereka karena hal ini bisa menjadi nilai plus tersendiri. Namun tentu tidak semua referensi yang anda tulis bisa membantu anda, pada beberapa kasus justru itu bisa menjatuhkan anda. Jadi, sebaiknya anda harus memastikan terlebih dahulu apakah referensi yang akan anda cantumkan tersebut sekirannya akan memberi dampak positif atau tidak.

Berbeda dengan surat keterangan kerja yang memang berisi informasi masa kerja yang secara resmi dikeluarkan oleh perusahaan lama, surat referensi lebih bersifat pribadi karena dibuat secara personal oleh mantan klien / atasan si pelamar pekerjaan. Isinya bisa berupa prestasi saat anda bekerja/ klien yang puas bekerja sama dengan si pelamar. Jika hal ini dicantumkan tentu saja akan memberikan nilai positif bagi si pelamar pekerjaan.

Siapa saja yang bisa dituliskan dalam daftar referensi anda ?

Tidak semua orang bisa anda tuliskan di referensi kerja anda. Lantas siapa sajakah yang kami rekomendasikan untuk dicantumkan di referensi kerja anda?

  1. Pimpinan / pejabat tinggi di tempat anda bekerja terdahulu.
  2. Atasan langsung tempat anda bekerja terdahulu
  3. Klien yang sebelumnya sudah pernah bekerjasama dengan anda
  4. Pimpinan organisasi tempat anda biasa aktif berkegiatan

Kesalahan dalam mencantumkan referensi kerja

Di beberapa kasus, kesalahan dalkam mencantumkan referensi justru malah bisa menurunkan nilau jual anda di depan perusahaan tempat anda melamar kerja. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencantumkan referensi kerja :

  1. Mencantumkan referensi yang relevan

Usahakan untuk mencantumkan referensi yang memang mengenal anda secara professional. Jangan memilih seseorang yang levelnya terlalu jauh di atas anda dan tidak mengetahui kinerja anda secara langsung.

  1. Beritahu bahwa referensi anda kemungkinan akan dihubungi oleh perusahaan tempat anda melamar kerja

Jangan sampai lupa untuk memberitahu referensi anda bahwa kemungkinan akan ada telepon dari perusahaan baru tempat anda melamar kerja. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinnya miss communication yang jkustru akan membuat anda terlihat tidak professional.

  1. Cantumkan beberapa alternative/ cara lain untuk menghubungi referansi anda

Ada baiknya anda mencantumkan lebih dari satu nomor telepon / email / username aplikasi chating yang anda gunakan untuk bisa berkomunikasi dengan referensi anda. Hal ini akan mempermudah pihak perusahaan baru tempat anda melamar kerja untuk menghubingi referensi anda, terlebih lagi apabila perusahaan tempat anda bekerja berada di luar negeri.

  1. Siapkan referensi anda

Agar terlihat lebih professional, sebaiknya anda tetap menjaga komunikasi dengan referensi anda. Share lah kegiatan anda saat ini / rencana kerja saat ini. Atau lebih mudahnya anda bisa membagikan CV anda kepanya.

  1. Sebaiknya anda mengetahui apa yang dikatakan referensi anda

Cara mencantumkan referensi

Data apa sajakah yang harus dicantumkan di referensi lamaran kerja ?

  1. Nama
  2. Jabatan / posisi terakhir
  3. Hubungan kerja dengan anda
  4. Nomor HP / Telepon / Email / Username chating (WA,Telegram/FB dll)

UNTUK UPDATE SELANJUTNYA AKAN SAYA UPLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA. DITUNGGU YA….

Contoh syarat / lampiran untuk surat lamaran kerja

Contoh surat pernyataan sehat

Tidak semua perusahaan mewajibkan para pelamarnya untuk menggunakan surat sehat dari dokter. Biasanya surat ini dibuat di dokter/ puskesmas/rumah sakit dan membutuhkan biaya untuk membuatnya.

contoh transkrip nilai untuk melamar kerja

Biasanya perusahaan yang mencari lulusan sarjana menjadikan transkip nilai sebagai salah satu syarat yang harus dilampirkan. Yang dilampirkan biasanya adalah fotokoppi transkip nilai yang sudah dilegalisir.

contoh daftar riwayat hidup

Daftar riwayat hidup atau CV menjadi syarat wajib untuk melamar kerja. Berisi tentang informasi diri si pelamar kerja, muali dari biodata, keahlian, riwayat Pendidikan, skill,dll. Lantas bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup? Silahkan lihat beberapa contoh CV dibawah ini

contoh surat lamaran kerja berbagai lowongan

contoh surat lamaran kerja guru
contoh surat lamaran kerja 2018
contoh surat lamaran kerja di pabrik
contoh surat lamaran kerja ijazah menyusul
contoh lamaran pekerjaan sederhana
contoh surat lamaran kerja simple
contoh surat lamaran kerja tapi masih bekerja
membuat surat lamaran kerja tanpa ijazah
contoh surat lamaran kerja mahasiswa
contoh surat lamaran kerja tertulis
contoh lamaran kerja tulis tangan
contoh surat lamaran kerja yang rapi

Contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris Dan Indonesia

contoh surat lamaran kerja bahasa inggris
contoh surat lamaran kerja bahasa indonesia

Download surat lamaran kerja

contoh surat lamaran kerja word
contoh surat lamaran kerja pdf
download ebook melamar kerja
download surat lamaran kerja kosong

Apakah surat lamaran kerja pasti diterima? Untuk memastikannya, kalian harus benar-benar mengecek semua persyaratan sesuai dengan yang diminta oleh perusahan/ tempat kalian mendaftar kerja. Setelah semuanya benar-benar beres baru kalian bisa mengirimkannya. Surat lamaran kerja hanyalah sebuah langkah awal saja, pada beberapa perusahaan biasanya akan mengadakan tes seleksi terlebih dahulu sebelum menerima pegawai baru. Tetap semangat dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah ya.

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *