Efek Buruk Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Anak

dampak negatif smartphone untuk anak kecil

Smarphone atau disebut dengan ponsel cerdas merupakan salah satu alat canggih yang digunakan untuk berkomunikasi atau pun interaksi antar jarak jauh. Tidak sedikit orang yang memiliki Smartphone, bahkan hampir semua kalangan saat ini tidak lepas dari penggunaan ponsel pintar, baik anak, remaja, dewasa, maupun orang tua.

Selain digunakan sebagai alat untuk berinteraksi, Smartphone juga bisa digunakan untuk bermain game, nonton video, dan lain sebagainya. Sedangkan video atau pun game adalah salah satu penyebab anak tidak ingin lepas dari penggunaan Smartphone.

Namun perlu diketahui bahwa tidak baik bagi anak jika terus menerus menggunakan Gadget. Sebab, hal ini akan menimbulkan efek buruk terhadap perkembangan anak. Berikut adalah efek buruk tersebut, diantaranya meliputi :

Apa Saja Efek Buruk yang Diperoleh dari Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Anak?

  1. Anak Kurang Tiduk

Efek buruk pertama yang di alami oleh anak yang sering bermain diponsel adalah tidak cukup tidur. Anak-anak yang kecanduan bermain game atau nonton video di ponsel mereka kehilangan waktu istirahat yang dibutuhkan. Hal ini disebabkan karena mereka keasyikan bermain di ponsel, sehingga mereka mengutamakan permainan yang disukai di dalam ponsel tersebut.

  • Kurangnya Interaksi

Yang kedua adalah kurangnya interaksi atara satu dengan yang lain. Yang dimaksud disini, seorang anak yang suka dan kecanduan bermain Smartphon tentu mereka sangat kekurangan interaksi bersama teman – temannya.

Karena, bagi anak yang keasyikan menonton video atau pun bermain game di ponsel hanya disibukkan dengan permainan yang ia sukai, tanpa memperdulikan teman sekelilingnya. Bisa dikatakan bahwa penggunaan Gadget yang berlebihan dapat menghalangi interaksi dan mengganggu perkembangan komunikasi pada anak-anak.

  • Kerusakan pada Penglihatan

Selain beberapa efek di atas, selanjutnya efek buruk yang diperoleh bagi anak yang hanya fokus pada Smartphone adalah kerusakan pada penglihatan (Mata). Peneliti menunjukkan bahwa anak yang terus menerus melihat layar di HP dengan bermain game atau pun menonton video cenderung memicu terjadinya kerusakan pada mata.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *