8 Cara Mengatasi Gagal Install Google Chrome di Windows 10

cara mengatasi gagal install google chrome windows 10

Google Chrome merupakan browser yang paling populer di dunia, data terakhir menunjukkan bahwa hampir 2,5 milyar device di dunia telah terinstall chrome di dalamnya.

Sebenarnya bukan hal yang luar biasa juga sih mengingat saat ini 2 produk Google yang lainnya yaitu Android dan Google search juga telah menguasai pasar. Otomatis google chrome sendiri juga terkena efek positifnya.

Penyebab gagal install Google Chrome di Windows 10

Awal mula masalahnya, beberapa hari yang lalu saya mengalami kendala ketika akan melakukan instalasi Google chrome di PC saya yang menggunakan OS Windows 10. Pada saat itu saya ingin melakuak downgrade Chrome ke versi chromedriver 79 untuk menjalankan Bot 9Tube.

Ketika saya melakukan klik pada file instalasi chrome yang sudah saya download, tidak terjadi proses instalasi. Saya coba ulangi lagi, hasilnya tetap sama saja walaupun dengan menggunakan file yang sudah saya download ulang.

Saya mencoba searching untuk menemukan solusi dari problem ini dan akhirnya ketemu. Hasilnya saya tuliskan dipostingan ini, siapa tau diantara kalian ada yang mengalami hal serupa juga.

Beberapa penyebab gagal instal google chrome di Windows 10 diantaranya adalah :

  1. Google chrome installation failed due to unspecified error, error code 0xa043 – Ini merupakan masalah yang sudah biasa terjadi pasa saat instalasi google chrome. Untuk mengatasinya biasanya cukup dengan melakukan disable pada antivirus saja.
  2. Can’t install Google Chrome – beberapa user melaporkan bahwamereka tidak dapat menginstall Chrome sama sekali. Kemungkinan besar penyebabnya adalah ada pada masalah registry windows.
  3. Chrome setup tidak mau berjalan ( yang saya alami ) – Beberapa user juga melaporkan bahwa proses instalasi tidak berjalan walaupun mereka sudah mencoba berkali-kali untuk meng-klik file setup.
  4. Google Chrome install failed to start, not working – Pada beberapa user juga ada kejadian dimana ada notice bahwa instalasi chrome di device mereka mengalami kegagalan.
Baca Juga  Cara Menghilangkan Auto Subscription / Autopay / Pembayaran Otomatis Pada Paypal Dengan Mudah

Cara mengatasi gagal install Google Chrome pada Windows 10

Ada 4 solusi yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah ini. Saya sendiri sudah mencoba sendiri dan berhasil.

1. Cek Antivirus

Problem penyebab gagalnya intalasi Google Chrome bisa saja berasal dari antivirus yang terinstall di PC kalian.

Kalian bisa mencoba untuk men-disable sementara antivirus kalian. Tenang saja karena masih ada proteksi bawaan dari windows yaitu Windows Defender, jadi kalian masih tetap terlindungi. Setelah itu silahkan coba untuk menginstall chrome lagi.

Apabila tidak berhasil, kalian bisa mencoba untuk meng-uninstall antivirus kalian. Ulangi lagi instalasi chrome. Dan apabila masih belum berhasil, kalain bisa lanjut mencoba cara ke 2.

2. Menggunakan Uninstall Troubleshooter

Microsoft mengeluarkan software yang dapat membantu para penggunannya untuk mengatasi maslah INSTALL maupun UNINSTALL software di Windows 10.

Untuk menggunakan software uninstall troubleshooter, silahkan ikuti beberapa langkah dibwaha ini :

  1. Download dan install Software melalui link berikut ini Download
  2. Buka file yang sudah kalian download tadi lalu tekan tombol next untuk memulai troubleshooting problemnya.
  3. Pilih Installing
  4. Cek apakah Google Chrome terdapat di dalam list tersebut, bila tidak silahkan kalian pilih Not Listed
  5. Setelah proses, kaliaa kan mendapatkan notifikasi yang mengatakan bahwa problem sudah teratasi.
  6. Selesai, silahkan tutup softwarenya

3. Cek Service yang berjalan

BITS merupakan service system yang memberikan fasilitas asynchronous, prioritized, dan juga throttled transfer of files antara mesin dengan menggunakan idle network bandwith.

Dengan kata lain, sistem ini memberikan ijik kamu untuk menginstall program dari device berbeda / berasal dari internet. Silah kan lakukan cek pada service BITS ini, apakah berjalan atau tidak. Caranya adalah :

1. Buka Start > Control Panel > System and Security > Administrative Tools

2. Klik pada service lalu Background Intelligent Transfer Service

3. Buka Background Intelligent Transfer Service

ubah Startup type menjadi Automatic dan pastikan service statusnya adalah Running.

4. Modifikasi file Registry

Apabila ketiga cara diatas masih belum berhasil, Kalian bisa mencoba cara yang terakhir ini. Pada kasus ini kamu harus menghapus semua Google Chrome Update registry.

1. Buka Start > Run atau bisa dengan menekan tombol Windows+R.

2. Pada tab Run, ketikkan regedit lalu tekan tombol OK

3. Hapus registry update google chrome yang terdapat pada

  • HKEY_CURRENT_USER\Google\Update\ClientState
  • HKEY_CURRENT_USER\Software/Google
  • HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Google
  • HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Wow6432Node\Google
Baca Juga  Cara Mengatasi Fatal Error: Allowed memory size of 41943040 bytes exhausted Wordpress Terbaru

Setelah kalian hapus file registry tersebut, seharusnya probele sudah teratasi dan kalian sudah bisa melakukan instalasi Google Chrome di device windows 10 masing-masing.

5. Menghapus Direktori Google Update

untuk menghapus histori dari google update silahkan ikuti langkah berikut :

  1. Tekan Windows Key + R lalu masukkan %LOCALAPPDATA%\Google\. Lalu tekan Enter / klik tombol OK.
  2. Direktori update google chrome akan terbuka, silahkan kalian hapus folder tersebut.

6. Uninstall semua versi chrome yang terinstall

Versi lama dari google chrome yang terdapat di device kalian bisa menjadi pemicu kegagalan instalasi chrome terbaru. Kalian bisa menghapus intalasi program di windows secara langsung dengan masuk ke menu add or remove programs yang sudah tersedia di windows. Atau kalian juga bisa menggunakan software khusus uninstall program. Pastikan utuk menghapus instalasi chrome di device kalian lalu lanjutkan langkah instalasi mulai dari awal lagi.

7. Gunakan versi Chrome Beta / Canary

Beta / canary adalah versi akan datang dari chrome yang sudah mengalami peningkatan fitur dan juga bug fixes. Apabila kegagalan instalasi masih terus terjadi, kalian bisa memoertimbangkan untuk menggunakan versi feature dari Google Chrome ini.

8, Menggunakan Offline Installer

Ketika kalian mengalami kegagalan instalasi cChrome, bisa saja yang bermasalah adalah file setupnya. Seperti yang kalian tau, google akan secara otomatis melakukan download file ketika proses instalasi. Dan ada kemungkinan file hasil download tadi corrupt / terdapat error.

Beberapa oengguna memberikan laporan bahwa dengan menggunakan offline installer mereka sukses menginstall chrome di device milik mereka.

9. Mematikan User Account Coontrol

UAC adalah fitur security bawan dari Windows. Banyak pengguna Windows yang mematikan fitur ini karena sering merasa terganggu oleh notifikasi yang selalu saja muncul. Terkadang dengan mematikan UAC dapat menghambat proses instalasi sebuah software. Cobalah untuk menghidupkan kembali UAC dengan mengikuti langkah berikut ini.

  1. Tekan WIndows key + R ,lalu ketikkan user account control. Pilih Change user account control settings
  2. Gerakkan slider ke posisi default lalu clik OK untuk menyimpan perubahan.

Oke, itu tadi sedikit tutorial Cara Mengatasi Gagal Install Google Chrome di Windows 10 yang saya rangkum dari sumber [ https://windowsreport.com/fix-chrome-install-fails-windows-10/ ]. Semoga artikel ini bermanfaat & Jangan lupa untuk share ya. Thanks.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *