Tips Memilih Hosting Sesuai dengan Kebutuhan dan Budget Yang Kamu Miliki

Tips Memilih Hosting Sesuai dengan Kebutuhan dan Budget Yang Kamu Miliki is free HD wallpaper. This wallpaper was upload at May 08, 2019 upload by sarjanamalas in Teknologi.

tips memilih hosting yang bagus width="883" height="524" src="https://sarjanamalas.com/wp-content/uploads/2019/05/tips-memilih-hosting-yang-bagus.jpg" class="attachment-full size-full wp-post-image" alt="tips memilih hosting yang bagus" srcset="https://sarjanamalas.com/wp-content/uploads/2019/05/tips-memilih-hosting-yang-bagus.jpg 883w, https://sarjanamalas.com/wp-content/uploads/2019/05/tips-memilih-hosting-yang-bagus-768x456.jpg 768w" sizes="(max-width: 883px) 100vw, 883px"/>

You can download Tips Memilih Hosting Sesuai dengan Kebutuhan dan Budget Yang Kamu Miliki in your computer by clicking resolution image in Download by size:. Don't forget to rate and comment if you interest with this wallpaper.

Sebelum berencana untuk memiliki website dengan server sendiri, ada baiknya kalau kalian sedikit paham tentang hosting. Hosting merupakan salah satu hal yang vital di dalam sebuah website. Pemilihan yang salah akan membuat peforma web kamu nantinya menjadi jelek, oleh karena itu kami akan share beberapa tips memilih hosting sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

Tips Memilih Hosting Sesuai dengan kebutuhan

Apa itu hosting

Oiya sebelumnya saya akan memberikan sedikit gambaran tentang apa itu hosting, terurama bagi kamu yang masih awan di dunia perwebsite-an. Gampangnya sih hosting atau yang biasa juga disebut web hosting / sewa hosting itu ibarat “rumah” bagi website kita diinternet.. Hosting akan menampung data-data yang dimiliki oleh website kamu sehingga nantinya dapat diakses melalui internet. Data yang saya maksud semisal file, gambar, foto produk, email, database. program, script, dll.

tips memilih hosting sesuai dengan kebutuhan dan budget
tips memilih hosting sesuai dengan kebutuhan dan budget

Untuk dapat memiliki hosting, biasanya kita akan menyewa kepada jasa penyedia hosting tersebut. Harganya bervariasi tergantung spek dan fasilitas yang ditawarkan. Biasanya semakin mahal harga hosting yang ditawarkan, berbanding lurus dengan peforma dan kuatilitas yang akan kita dapat. Tapi ini tidak mutlak selalu seperti itu ya.

Masalah yang dialami ketika akan memilih hosting

Sudah wajar sebagai pelanggan pasti kita ingin mendapatkan hosting dengan kualitas terbaik akan tetapi dengan harga yang terjangkau. Kita tentu saja tidak ingin kedepannya website kita bermasalah atau error , dsb ketika sudah live diinternet hanya karena salah dalam memilih hosting. Terutama buat kalian yang berencana akan membuat website untuk bisnis/ usaha kalian.

Tidak semua hosting yang mantab ditawarkan dengan harga yang tinggi. Nyatanya banyak juga kok penyedia hosting bagus yang menjual produknya dengan harga yang cukup terjangkau. Bagaimana cara mendapatkan hosting yang bagus tapi dengan harga yang murah? Silahkan baca tips dari saya dibawah ini dulu sebelumnya ya agar kalian setidaknya memiliki referensi untuk memilih hosting yang baik dan berkualitas.

Tips Memilih Hosting Yang Baik

Semoga beberapa tips di bawah ini dapat menjadi sumber referensi bagi kalian yang sedang kebingungan dalam memilih jasa penyedia hosting yang bagus dan terjangkau ya.

1. Sesuaikan kebutuhan

Sebagai langkah awal, kamu haruslah menyesuaikan kebutuhan server seperti apa untuk website yang akan kamu bangun. Tentukan dahulu tujuan kamu dalam membuat website semisal untuk blog pribadi atau toko online.

Berbeda jenis website tentu saja akan berbeda pula spesifikasi hardware dari hosting yang kamu butuhkan. Patokan dasarnya adalah untuk mampu menghandle visitor yang jumlahnya banyak maka akan membutuhkan server dengan spesifikasi yang tinggi pula. Untuk kamu yang baru memulai dan memiliki dana minim, kalian bisa memilih hosting dengan harga murah dahulu lalu setelah nanti visitor bertambah banyak, kalian bisa mengupgrade ke server hosting dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Namun untuk kalian-kalian yang “sultan” tentu saja sangat direkomendasikan untuk langsung saja memilih server hosting dengan spesifikasi yang lebih mumpuni. Karena tentu saja tidak dapat dipungkiri bahwa server dengan spesifikasi lebih tinggi peformanya akan jelas semakin mantab.

Di pasaran online saat ini secara garis besar terbagi menjadi 4 jenis server /  hosting yang bisa anda pilih yaitu shared hosting, VPS ( Virtual Private Hosting ), Dedicated Hosting dan juga Cloud hosting. Untuk pemula dengan visitor yang jumlahnya masih minim atau kalian yang sedang pengen coba-coba silahkan pilih shared hosting karena harganya yang paling terjangkau. Apabila website mu sudah berkembang dan shared hostingmu sudah kwalahan untuk menghandle-nya, Silahkan Upgrade ke VPS atau bisa langsung ke Dedicated Server.

2. Tentukan budget

Untuk langkah selanjutnya tentu saja kamu harus menentukan terlebih dahulu berapa besar dana yang akan kamu alokasikan untuk membeli hosting. Tiap layanan penyedia hosting memiliki harga yang berbeda-beda tergantun dari spesifikasi hardware dan juga fitur-fitur yang ditawarkan. Apabila budget yang kamu muliki cukup mepet, kamu bisa memilih hosting dengan harga yang cukup murah.

Ada tips agar kita bisa mendapatkan hosting namun dengan harga yang lebih murah dari yang tercantum di halaman resminya. Caranya adalah dengan menggunakan kode promosi atau voucher diskon. Pada momen-momen tertentu semisal Blackfriday, Hari kemerdekaan, Tahun baru, dll akan banyak bertebaran kupon potongan harga hosting di internet.

Namun apabila anda ingin mencarinya sekarang, ada juga kok website yang memang menyediakan banyak inforrmasi mengenai kupon / discount code misalnya untuk hosting lokal adalah : promohosting.id , picodi.com, kodepromo.com. Sedangkan untuk hosting luar saya bisa mencarinya di groupon.com. Atau kalian juga bisa membaca postingan saya ini https://sarjanamalas.com/list-coupon-promo-code-domain-dari-berbagai-registrar-uptodate/. Disitu saya akan terus mengupdate kode / kupon potongan harga untuk domain dan hosting dari berbagai provider.

3. Sesuaikan dengan target visitor website yang akan kamu incar

Setelah menentukan jenis hosting yang akan kamu gunakan, selanjutnya kamu harus memilih server dengan kualitas baik dan disesuaikan dengan lokasi target visitor yang akan kamu incar. Server yang baik dan berkualitas sangatlah penting  karena server dengan koneksi jaringan yang stabil dan kuat akan menjamin website mu akan selalu lancar ketika diakses oleh pengunjung.

Selain kestabilan koneksi, hal lain yang harus kamu perhitungkan adalah lokasi dari server yang akan kamu beli. Apabila kamu berencana untuk membuat website dengan target visitor Indonesia maka kamu cukup memilih hosting yang berlokasi di Indonesia saja. Lain hal apabila kamu berencana untuk membuat website dengan target visitor internasional seperti US, UK, Dll maka mau tidak mau kamu harus memilih hosting yang servernya berlokasi di luar negeri seperti Amerika, Singapura, dll.

Logikan-nya adalah semakin dekat lokasi server dengan target pengeunjung website kamu, maka akan semakin cepat pula websitemu dapat diakses oleh pengunjung tersebut. Mengingat kecepatan website menjadi salah satu faktor SEO yang penting, ada baiknya jika kamu memperhatikan faktor lokasi server ini. Pihak Google sebagai perusahaan search engine nomor satu pun juga sudah mengeluarkan statement bahwa mereka akan lebih memprioritaskan website dengan kecepatan akses yang baik di halaman pencariaan mereka. Apabila kamu ingin melihat review mengenai hosting luar negeri, kamu bisa mengunjungi situs berikut : webhostingtalk.com.

4. Disk space hosting

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh jasa penyedia hosting yang akan kamu beli. Kenapa ini penting ? Begini gampangnya… Semakin banyak data yang kalian tambahkan ke website bisa berupa postingan, foto produk atau apa pun itu maka akan semakin berkurang juga disk space dari server kita. Sama seperti smartphone kita, ketika memori penyimpanan sudah penuh pasti performanya akan melambat, sering hang dll. Tentu hal ini tidak ingin kalian alami kan, terutama untuk kalian yang menjadikan website sebagai sarana bisnis, tentu saja akan sangat rugi bila website down gara-gara kapasitas penyimpananya penuh.

Jangan langsung tergiur dulu dengan harga murah yang ditawarkan oleh hosting. Check terlebih dahulu kapasitas disk yang diberikan dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Saya sangat menyarankan kamu memilih shared hosting dengan ” unlimited disk space ” untuk kalian yang masih pemula agar tidak perlu khawatir website mu akan down dikarenakan disk penuh. Selain itu saya juga menyarankan kamu untuk memilih hosting yang sudah menggunakan hardware SSD sebagai penyimpananya. Peformanya jauh lebih bagus apabila dibandingkan dengan yang masih menggunakan HDD konvesnsial biasa. Silahkan lihat table perbandingannya dibawah ini ya supaya kamu ada gambaran.

Tabel perbandingan peforma dari SSD dan HDD pada sebuah server
Tabel perbandingan peforma dari SSD dan HDD pada sebuah server

5. Kapasitas Bandwith

Kapasitas bandwith akan mulai terasa pentingnya ketika visitor website kamu semakin banyak. Bandwith itu ibarat jalan raya yang semakin besar maka akan semakin banyak kendaraan yang bisa lewat, semakin besar bandwith server hosting yang kamu miliki maka akan semakin banyak pula trefik yang bisa dihandle. Apabila jatah bandwith kalian habis, alhasil website akan down dan tidak bisa diakses ketika trefik sedang melonjak naik. Jadi saat akan membeli hosting, pastikan juga untuk mengecek bagian ini ya.

Saat ini ada 2 jenis kapasitas bandwith yang bisa dipilih yaitu limited dan unlimited. Mana yang lebih bagus ? tentu saja yang unlimited. Kami juga sangat menyarankan kamu untuk memilih server dengan bandwith unlimited apabila kamu serius ingin mengelola websitemu.

Lalu apakah hosting dengan bandwith unlimited itu mahal ? Ga juga kok karena saat ini banyak juga penyedia hosting yang menerapkan unlimited bandwith pada produk yang mereka tawarkan dengan harga yang terjangkau. Mau tau hosting mana saja itu ? terus baca artikel ini sampai selesai ya ..

6. Jumlah Addon Domain

kamu juga perlu memperhatikan bagian berapa jumlah domain yang boleh ditambahkan ke server hosting yang akan kamu beli. Biasanya untuk harga paling rendah pada shared hosting hanya memperbolehkanmu untuk menginstall 1 domain saja. Nggak masalah juga sih sebenernya kalau kamu memang hanya ingin memiliki satu web saja. Tapi nanti kamu akan kerepoptan sendiri ketika akan menambahkan domain baru, alhasil kamu harus keluarr uang lagi untuk membeli server baru.

Saran dari saya sih mendingan kamu memilih shared hosting yang mengijinkanmu untuk menambahkan banyak domain. Harrganya juga tidak terpaut jauh kok. Kedepanya kamu tidak perlu repot lagi ketika akan menambahkan domain baru dan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra lagi untuk membeli server baru.

7.  Fitur keamanan yang ditawarkan

Sistem keamanan yang ditawarkan oleh penyedia hosting juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih hosting yang bagus. Percaya gak sih, orang jahat itu ga cuma ada di dunia nyata aja, di dunia maya itu juga ada lho bahkan jumlahnya mungkin sangat banyak. Bila sistem keamanan servermu kurang baik, hacker akan leluasa untuk meretas websitemu.

Saya punya pengalaman pribadi dengan hal seperti ini. Seperti website yang di hack dan disisipi script aneh sehingga web saya menjadi kacau, ada juga website adsense yang kode iklannya diganti oleh kode iklan miliki oleh si hacker dan yang terparah adalah akun google adsense saya yang kena hack. Pokoknya ga enak banget lah kalo udah berhadapan dengan hacker jahat kaya gitu, jadi selau perhatikan keamanan dari server yang kamu miliki ya.

8.Fitur-fitur lengkap lain yang ditawarkan

Memilih hosting dengan tipe shared hosting yang notabene merupakan hosting standar bukan berarti kamu harus cuek dengan fitur yang diberikan. Paling tidak kamu harus pastikan bahwa hostingmu dilengkapi dengan berbagai fitur dasar yang harus dimiliki oleh sebuah server. misalnya akses SSH, FTP, Cron job, hingga script autoinstaller  untuk mempermudahmu dalam menginstall CMS seperti wordpress, joomla dll.

Pada dasarnya, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan website yang akan kamu build. Daripada nanti mubazir, sudah beli server namun tidak bisa dipakai karena ada fitur yang kurang khan? hehe

9. Jumlah Pelanggan dan Pelayanan CS yang baik

Bukan patokan pasti sih sebenarnya untuk menilai sebuah perusahaan penyedia hosting itu bagus atau tidak namun saya selalu mengecek klien yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Apabila hosting tersebut memiliki klien dengan jumlah yang banyak atau bahkan memiliki klien dari website besar tentu akan menjadi nilai plus tersendiri. Hal ini menandakan bahwa hosting tersebut sudah berpengalaman dan terpercaya.

Selain itu Pelayanan CS juga menjadi poin tambahan tersendiri. Pastikan untuk memilih hosting yang memiliki layanan 24 jam agar ketika sewaktu-waktu terjadi masalah dengan website / server kita kita bisa meminta solusinya lewat layanan customer service. Tidak semua perusahan hosting memiliki palayanan CS yang memuaskan. Anda juga bisa mencari review online tentang perusahaan hosting tersebut sebagai bahan referensi.

OKe itulah tadi 9 tips memilih hosting sesuai dengan kebutuhan dan budget. Apabila menurut kamu artikel ini bermanfaat, bantu kami ya dengan share artikel ini sebanyak-banyaknya. Thanks.

Top 20 Hosting Indonesia 2019

Sebagai tambahan informasi, saya akan mencantumkan daftar hosting terbaik di Indonesia tahun 2019. Sumber dari informasi ini saya ambil dari penasihathosting.com. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa mengunjungi situs tersebut. Khusus untuk Niagahoster dan Domainesia nampaknya sedang dilakukan review ulang oleh pemilik site ketika artikel ini sedang dipublish.

PeingkatHostingHarga mulai dariGaransiUptimeSpeedSupport
1NiagahosterReviewUlang
2DomaiNesiaReviewUlang
3ArdetaMediaRp16.000/bln30 hari99,88%692ms8/10
4Ard HostingRp220.000/thn7 hari99,88%659ms7/10
5​​​​Dapur HostingRp100.000/thn30 hari99,62%530ms8/10
6DracoolaRp10.000/bln14 hari99,65%612ms9/10
7Warna HostRp15.000/bln30 hari99,76%857ms8/10
8QwordsRp14.500/blntidak ada99,87%915ms7/10
9IndowebsiteRp10.000/bln30 hari99,59%748ms7/10
10Jagoan HostingRp5.000/bln30 hari99,87%1449ms7/10
11RumahwebRp6.667/blntidak ada99,80%1184ms7/10
12DewawebRp20.000/bln90 hari99,71%1285ms7/10
13IDwebhostRp18.900/bln30 hari99,69%1192ms7/10
14DomoSquareRp7.000/bln45 hari99,52%1064ms7/10
15IdCloudHostRp15.000/bln30 hari97,10%823ms7/10
16Jogja HostRp25.000/bln30 hari99,61%1376ms7/10
17Rumah HostingRp8.000/bln60 hari99,50%1088ms7/10
18Hostinger IDRp26.730/bln30 hari99,59%1922ms8/10
19Exabytes IDRp15.000/bln100 hari99,38%2087ms5/10
20MasterwebRp9.900/blntidak ada99,56%2497ms5/10

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *